Latihan Renang Triathlon – Cara Melakukannya dengan Benar

Berasal dari zaman Yunani kuno, triathlon menguji keterampilan atlet dalam kompetisi yang terdiri dari tiga acara berbeda. Triathlon paling umum melibatkan berenang, bersepeda, dan berlari. Dalam urutan ini, porsi renang dari kompetisi inilah yang menentukan nada untuk sisa kontes. Atlet yang berpartisipasi dalam triathlon modern biasanya menangani ketiga acara secara berurutan. Waktu resmi yang diterima atlet merupakan kombinasi dari penampilan mereka secara keseluruhan, termasuk pergantian pakaian dan waktu transisi dari satu acara ke acara lainnya.

Pelatihan untuk acara individu ini mencakup teknik pembelajaran yang membantu menjaga energi dan daya tahan seorang atlet. Ada berbagai strategi dan pendekatan pelatihan yang dipatuhi oleh atlet triathlon amatir dan profesional. Tidak semua triathlon memiliki jarak atau detail yang sama. Misalnya, Ultraman Triathlon, yang diadakan setiap tahun di Hawaii, membutuhkan waktu tiga hari untuk menyelesaikannya, termasuk jarak total 320 mil.

Renang Triathlon

Awal lomba triathlon dimulai dengan bagian renang lomba. Para atlet bersiap untuk berenang dengan mengganti perlengkapan renang yang sesuai. Awal yang berbeda digunakan untuk berbagai balapan. Ini akan tergantung pada jumlah orang dalam perlombaan atau jarak yang akan ditempuh. Balapan jarak Besi tradisional menggunakan start massal, di mana semua atlet memasuki air pada waktu yang sama. Pendekatan lain adalah gelombang start, yang memungkinkan atlet untuk memulai balapan dalam interval tertentu. Ini adalah latihan umum yang digunakan dalam kompetisi amatir.

Para atlet berenang mengelilingi banyak pelampung yang ditandai, menyelesaikan perlombaan di tempat yang sama di mana mereka memulai. Setelah para atlet keluar dari air, fase triathlon berikutnya dimulai yang membutuhkan penggantian pakaian menjadi perlengkapan bersepeda.

Strategi Triathlon

Saat mempersiapkan game plan Anda untuk kompetisi, Anda harus bertujuan untuk pergi jauh, mudah dan cepat. Ini membutuhkan banyak latihan untuk dikuasai. Kebanyakan pesepeda dan pelari percaya bahwa daya tahan yang mereka miliki akan membuat mereka menjadi perenang yang lebih baik, tetapi ini tidak selalu benar. Pengendara sepeda dan pelari perlu memperkuat otot yang berbeda untuk berenang.

Tips Pelatihan Triathlon

1) Mulailah pelatihan Anda lebih awal untuk hasil terbaik.

2) Selalu memperhatikan pentingnya pernafasan yang benar, memiliki pikiran dan tubuh yang rileks, menjaga posisi tubuh yang baik dan memiliki sikap yang positif.

3) Saat berlatih, hindari gerakan oleh bagian tubuh mana pun yang dapat memperlambat gerakan maju Anda. Ini termasuk tidak ada tendangan dalam dan gerakan kepala minimal.

4) Untuk meningkatkan kecepatan renang Anda, latihan interval adalah suatu keharusan. Putar percobaan berjangka waktu menggunakan jeda yang sangat pendek, sedang dan panjang. Latihan pelatihan yang populer adalah tangga 2000, yang terdiri dari 400, 4×100; 300, 4×75; 200, 4×50; 100 dan 4×25.

5) Bergabunglah dengan kelompok terorganisir untuk berenang bersama yang pada akhirnya akan mendorong Anda ke tingkat persaingan yang lebih tinggi, diisi dengan dorongan kepercayaan diri dan dorongan ekstra.

6) Pertimbangkan penggunaan sirip selama latihan untuk membakar kalori, memperkuat kaki, meningkatkan kecepatan, dan meningkatkan stroke.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *